subscribe: Posts | Comments

Cara Mendidik Anak Generation-X

1 comment
Cara Mendidik Anak Generation-X

Informasi dan Globalisasi. Keduanya menjadi tantangan zaman ini. Zaman dengan tantangan yang sama sekali berbeda. Sehingga jika mengacu pada teori evolusi Darwin, maka yang bisa bertahan hidup adalah yang bisa beradaptasi dengan tantangan ini. Sedangkan beradaptasi, tidak sama dengan terbawa arus informasi dan globalisasi.

Tidak dipungkiri bahwa teknologi Informasi saat ini sudah menjejali hampir semua sendi kehidupan. Hal yang paling dapat dilihat secara kasat mata adalah keberadaan teknologi telepon pintar atau smartphone.

Semua orang memiliki smartphone. Bahkan anak-anak kecil sudah kenal dengan smartphone. Mulai yang awalnya anak selalu menangis, sehingga diberikan mainan -salah satunya gadget- dan akhirnya berhenti menangis. Sampai akhirnya terbukti bahwa gadget membuat anak lebih pendiam, tidak rewel dan tidak merengek untuk minta main keluar rumah.

Ditambah lagi kebanggaan orang tua saat tahu anaknya yang masih kecil ternyata mampu mengoperasikan smartphone tersebut dengan baik. Mulai dari membuka password, memutar lagu, memutar video, mengambil foto, bermain game sampai mengunduh aplikasi. Membuat orang tua yakin bahwa gadget ternyata mampu mengaktualisasikan kemampuan tersembunyi si anak.

Padahal banyak bahaya tersembunyi maupun yang terang-terangan, yang ada di balik penggunaan gadget tersebut. Mulai dari pornografi, bullying, kurang berkembangnya kemampuan bersosialisasi anak, sampai dengan kebiasaan berbohong.

Anak-anak kecil yang merupakan peniru terbaik di dunia, akan secara otomatis meniru tindakan orang tua mereka. Anak-anak terpikat smartphone karena sikap orang tua mereka yang seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. Setiap detik, setiap menit, kehidupan orang dewasa selalu disibukkan dengan cek status Facebook, WhatApp, BBM, Instagram maupun Twitter.

Mungkin kita tidak percaya bahwa kita melakukan semua ini. Cara membuktikannya gampang saja, coba kita lihat foto selfie yang dilakukan sahabat kita. Sangat mungkin pada foto tersebut, terdapat foto kita dan teman-teman yang sedang asyik dengan gadget masing-masing, menunduk, diam melihat layar HP.

Informasi di akhir zaman ini adalah yang paling merusak dibandingkan dengan zaman pra internet. Sehingga benteng untuk menanggulanginya haruslah yang sebanding dalam pemberian informasi namun dalam cara yang berbeda. Dengan cara memberi contoh membaca buku atau koran dan majalah.

Sedangkan contoh cara mendidik anak yang baik bisa kita temukan pada cara yang dilakukan orang tua kita dalam mendidik dan membesarkan kita. Karena cara tersebut sudah terbukti mampu menjadikan kita pribadi seperti sekarang ini.

  1. 2 poin kesalahan orang tua : kebanggaan yg salah kaprah & keterbelengguan atas gadget.
    Mesti banyak belajar untuk menjadi orang tua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This