subscribe: Posts | Comments

Nama Anak di Akhir Zaman

0 comments
Nama Anak di Akhir Zaman

Shakespeare mengatakan, “Apalah arti sebuah nama.”

Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Nama adalah doa.”

Begitu mudahnya memperoleh inspirasi nama anak di abad ini. Tinggal datang ke toko buku, maka buku yang bertemakan nama anak – mulai dari nama anak Islami, nama anak berdasarkan Al Kitab, sampai nama anak populer – dapat dengan mudah diperoleh.

Atau menggunakan google search, maka dapat ditemukan beragam situs baik dari dalam maupun luar negeri yang memberikan informasi selengkapnya mengenai inspirasi nama anak beserta asalnya (berasal dari bahasa apa) sekaligus arti nama tersebut.

Beragam tema yang bisa dipilih untuk nama anak lelaki; “Satria Tampan yang Banyak Rejekinya”, “Pangeran Pemberani Pembela Kebenaran”, “Raja yang Adil dan Bijaksana” atau “Pembela Agama/Tanah Air yang Gagah Perkasa”.

Atau tema untuk nama anak perempuan; “Ratu yang Cantik dan Bijaksana”, “Malaikat yang Cantik’, “Wanita yang Menyejukkan Hati”, atau “Perempuan Pilihan Penghuni Surga”.

Bisa juga inspirasi datang dari tokoh idola (Nabi, Malaikat, Pahlawan, Raja, Ratu, Pangeran, Putri, Tokoh Agama, Bintang Film, Bintang Sinetron, Tokoh dalam Novel, Tokoh dalam Kartun), dengan harapan kisah si anak nantinya akan seperti kisah sang tokoh idola.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberi nama anak.

  • Yang pertama, sebisa mungkin usahakan agar nama anak tidak pasaran. Globalisasi membawa keseragaman dalam pola pikir manusia. Karena pola pikir seragam, maka ide yang dihasilkan cenderung sama dan pasaran. Dan karena populer adalah nama lain dari pasaran, maka nama anak tidak lagi menjadi spesial. Cara menghindarinya, perhatikan nama anak tetangga, saudara, teman kerja, kenalan facebook, sampai teman chatting. Apabila nama tersebut sudah digunakan oleh anak mereka, maka hindari nama tersebut.
  • Yang kedua, perlu diperhatikan penulisan nama yang baik dan benar. Jangan sampai anak malu akibat kesalahan dalam penulisan nama. Karena nama yang keren (Kevin) dapat berubah menjadi tidak keren (Cevin) akibat darikesalahan penulisan maupun akibat dari ketidak tahuan.

Dalam tulisan ini tidak ada inspirasi nama apapun untuk anak yang bisa dipergunakan. Karena setiap orang tua memiliki doa sendiri untuk anak-anak mereka, doa yang terbaik, yang berisi harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Inspirasi nama anak bisa diperoleh melalui sumber-sumber yang sudah disebutkan di awal artikel. Namun tetap diperlukan kebijakan dalam mempergunakan inspirasi nama anak di era Globalisasi ini, era akhir zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This