subscribe: Posts | Comments

Orang Yang Tidak Peduli

0 comments
Orang Yang Tidak Peduli

Siapa pun yang memberi saran kepada orang yang tidak peduli, maka dirinya sendiri butuh saran.

 

Kewarasan, saat ini merupakan hal yang tidak terlalu diperdulikan. Entah karena materi, atau karena kekuasaan, sehingga orang mengesampingkan kewarasan.

Seseorang yang dianggap tidak masuk akal atau kehilangan kewarasannya, sering menjadi sasaran nasihat dari orang lain. Dan jika ditanya, siapakah sebenarnya orang yang dianggap tidak masuk akal atau kehilangan kewarasannya ini? Maka jawabannya di zaman edan ini adalah, Semua orang. Bagi seseorang, dunia sudah menjadi gila. Padahal dalam pandangan orang lain yang juga menganggap dunia sudah menjadi gila, justru orang pertama tersebutlah yang gila.

Ironisnya banyak juga pemberi nasihat yang akhirnya kehilangan kewarasannya dalam menasihati. Nasihat tidak dilakukan dengan cara yang santun seperti contoh kanjeng Nabi. Sehingga nasihat diberikan secara terus-menerus dalam cara yang menyalahkan dan menyakitkan hati orang yang dinasihati.

Globalisasi membawa arus berfikir yang sama untuk semua orang. Di jaman ini, semua orang merasa benar, semua orang merasa bersih, semua orang merasa pintar. Diperlukan cermin diri untuk tidak kehilangan kewarasan, dan terutama agar tidak ikut terbawa arus ketidak warasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This